Hal-hal tentang alam bawah sadar

Rabu, 30 Maret 2011 Label: ,
Pernah mendengar istilah alam bawah sadar?
Thread ini saya buat dengan tujuan agar kita semua tahu tentang alam bawah sadar, cara mengontrolnya, dan akibat yg akan kita alami jika alam bawah sadar kita tdk terkontrol...

Pernah nggak kita membenci seseorang tanpa alasan?
Pernah nggak kita mengeluarkan kata-kata yg tanpa disadari muncul begitu saja?
Atau pernah nggak kita melakukan sesuatu yg tidak diduga?
jika pernah, maka saat itu, alam bawah sadar kita sedang muncul dan mengontrol perilaku kita.

Istilah alam bawah sadar pertama kali dimunculkan oleh Sigmund Freud, salah satu tokoh psikologi.
Sigmund Freud adalah pencetus salah satu aliran psikologi, PSIKOANALISA.
Aliran ini menjelaskan tentang kondisi jiwa seseorang yang terdiri dari tiga tingkatan, (1) Sadar; (2) Pra-Sadar; dan (3) Tidak Sadar.
Alam bawah sadar masuk ke dalam tingkatan tidak sadar, dan menurut aliran ini, alam bawah sadar mengendalikan sebagian besar perilaku yg dilakukan oleh manusia.
Teori tentang kesadaran bisa diibaratkan seperti gunung es dimana alam sadar seperti gunung es yg muncul tp dalam ukuran kecil, sedangkan alam bawah sadar memiliki ukuran yg sangat besar dan tersembunyi di bawah laut.

Ukuran alam bawah sadar yg sangat besar itu bisa menyimpan segala hal yang berusaha kita abaikan atau segala hal yang tdk terselesaikan dgn baik, singkatnya PENGALAMAN-PENGALAMAN MASA LALU YANG KITA MILIKI.
Ketika, isi dari alam bawah sudah banyak dan tdk terkontrol, maka beberapa hal akan muncul secara tiba-tiba, tanpa kita sadari.

Spoiler untuk Contoh Kasus:
A pernah menyakiti B dan hal tersebut membuat B jengkel tapi krn B tdk ingin membuat pertengkaran, maka tanpa B sadari, kejengkelan tersebut tersimpan di alam bawah sadar. Lalu di tempat yg sama tp waktu yg berbeda, B tiba-tiba marah tanpa alasan yg jelas.

contoh kasus di atas, dapat memperlihatkan bahwa Alam Bawah Sadar B mengontrol perilaku B tanpa disadari oleh B.
Alam bawah sadar bisa muncul dan mengontrol perilaku B karena kejengkelan B terhadap A adalah suatu hal yg berkaitan dgn emosi dan B tdk berusaha menyelesaikan, B lebih memilih melupakan.
Disinilah fungsi dr Alam Bawah Sadar, segala hal yg tidak terselesaikan yg berkaitan dgn emosi, keinginan yg tdk tercapai, dan segala hal yg berusaha untuk diabaikan, diambil o/ alam bawah sadar dan disimpan dengan sangat baik.
Ketika, hal-hal tersebut sudah menumpuk, bisa kita bayangkan apa yg akan terjadi, seperti bom waktu yg siap meledak.

Sama halnya ketika kita menginginkan sesuatu, namun tdk bisa kita utarakan krn kita takut keinginan tersebut akan membuat org sekitar kita kecewa dan kita lebih memilih mengikuti keinginan org sekitar untuk membuat mrk puas. Akhirnya, keinginan asli kita diambil alih oleh alam bawah sadar.
Nah...melakukan sesuatu yg tdk sesuai dgn keinginan kita bs menimbulkan perasaan tertekan dan pada akhirnya, layaknya bom waktu, perasaan tertekan yg semakin besar akan memicu alam bawah sadar untuk muncul dan mengontrol perilaku kita.
Dan ketika alam bawah sadar mengambil alih kesadaran kita, maka kita akan mulai berhalusinasi, depresi yg berkepanjangan, dan pada akhirnya mengalami gangguan kejiwaan.

Alam bawah sadar juga mengontrol kita lewat mimpi.
Ketika kita bangun, kita sering tdk mengingat mimpi yg kita alami.
Hal tersebut terjadi krn segala hal yg muncul melalui mimpi adalah hal-hal yg tersimpan dalam alam bawah sadar.
Namun, mimpi bisa membuat kita tdk bisa menghadapi kenyataan jika mimpi yg kita alami adalah keinginan-keinginan yg tdk bisa kita dapatkan atau kenyataan yg kita alami tdk membuat kita bahagia, sehingga kita membuat hidup yg bahagia dalam wujud mimpi.
Spoiler untuk Contoh Kasus keII:
Istri Leonardo Di Caprio di film Inception

Dalam aliran Psikoanalisa, alam bawah sadar juga digunakan untuk mengetahui penyebab dari tindakan yg dilakukan oleh seseorang.
Caranya dengan menarik keluar alam bawah sadar seseorang dan menggali lebih dalam pengalaman-pengalaman masa lalunya.
Cara ini dikenal dgn istilah TERAPI ANALISIS MIMPI dan dilakukan oleh beberapa Psikolog yg berpengalaman untuk mencari tahu akar permasalahan yg membuat orang mengalami depresi.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa sangat penting mengontrol alam bawah sadar kita.
Cara mengontrolnya dengan menerima kenyataan dengan ikhlas, jujur pada diri sendiri dan orang-orang sekitar, selalu berserah diri pada Tuhan, menjadi diri sendiri, menjalani hidup apa adanya sesuai dengan kemampuan kita, dan melakukan hal-hal yg sesuai dgn keinginan kita.

Lihat artikel lainnya :

Superid

Post Author : Superid '

Sya hanyalah seorang blogger biasa yg sangat menyukai segala ilmu yg berkaitan dengan sains terutama kimia (gra2 kbanyakan nnton Fullmetal alchemist brotherhood jde terobsesi :P) n teknologi bserta gadget (yg ne sya gk tw knpa, mgkin bwaan lahir x ea XD)
 
|S|uperior is the ™devilz™ © 2011 | Design Template by blogger n Superid | Template Blogger Name | |S|uperior is the ™devilz™ | Superid;