Tentang Air

Rabu, 16 Februari 2011 Label: ,
Tahukah kamu kalau ternyata otak manusia itu 75%nya terdiri dari air? Kalau yang udah pernah nonton iklan aqua sih kayanya udah pada tahu deh. Tapi, tahu juga nggak, kalau ternyata, selain sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, air itu sangat amat berguna bagi kehidupan kita loh. Contohnya aja yang sederhana, beberapa dari kita sering mengalami migraine kan? Atau pusing mendadak? Dengan minum air, pusing, migraine atau sakit kepala yang kita alami pasti akan mereda. Bukan cuma sakit kepala loh yang bisa berkurang. Sakit punggung dan nyeri pegel linu juga bisa berkurang dengan hanya minum air. Wow, hebat kan?!
Bahkan bukan cuma sakit-sakit yang berkurang loh. Minum air juga bisa membantu memperlancar pencernaan dan juga (khususnya buat para wanita nih) bisa membuat kulit lembab, terlihat lebih sehat dan lebih bersinar. Sungguh, air yang tak memiliki rasa itu, ternyata khasiatnya mujarab banget.
Air seperti apa sih yang harus kita minum biar kita bisa dapat manfaatnya itu? Apa air yang dicampur obat? Atau air celupan batu ponari Guys, tak perlu batu, tak perlu ponari. Tinggal ambil saja air mineral atau air putih (yang tentunya sudah direbus loh ya) lalu tengguklah air tersebut sedikit-demi sedikit, maka niscaya kalian akan mendapatkan manfaatnya.
Loh, kenapa harus air mineral atau air yang udah direbus? Air kan banyak, kalau hujan tinggal tadahin aja juga dapet tuh air. Wah, sayangnya nggak bisa begitu. Hippocrates sang Bapak Kesehatan aja, waktu jamannya dulu, menyuruh rakyat Yunani untuk merebus dan menyaring airnya dulu sebelum diminum. Kenapa begitu? Karena, para ilmuwan pada tahun 1950an menemukan bahwa, sebenarnya air itu mungkin membawa penyakit. Oleh karena itu harus disterilkan terlebih dahulu.
Lantas, berapa gelas/tetes/gallon air sih yang harus kita tenggak supaya dapet manfaatnya? Banyak yang bilang kalau manusia itu seharusnya minum air 8 gelas per hari. Jujur nih, hal ini udah pernah kita coba dan hasilnya, kembung banget! Tapi ternyata teman-teman, air yang masuk ke tubuh kita gak selalu harus dalam bentuk air putih yang diminum langsung. Justru, terlalu banyak minum air putih secara langsung dan banyak, malah gak sehat. Jadi selain diminum, air bisa juga kita konsumsi dalam bentuk sayur berkuah dan buah-buahan yang mengandung banyak cairan.
Tapi yang jelas, jangan pernah nggak minum air putih loh. Kita bisa bertahan selama sebulan tanpa makan, tapi tanpa minum air, beberapa hari saja bisa-bisa kita udah dipanggil Yang Maha Kuasa.
Gimana? Sejauh ini udah bisa paham dong gimana air penting banget buat kehidupan kita? Lanjut, yuk. Kalau dilihat di atlas, bumi kita sebagian besar berwarna biru kan. Itu disebabkan karena air memiliki perbandingan 7:3 dengan daratan di bumi ini. Dan dari sekian bayaknya air, hanya 3% yang bisa kita minum karena 97%nya adalah lautan. Dan ini dia nih hebatnya. Ternyata, air yang kita pakai untuk mandi, cuci baju, sikat gigi, minum, masak dan kegiatan lain sebagainnya adalah air yang sama yang dipakai oleh dinosaurus dulu!
Tapi setelah dipikir-pikir bener juga loh. Air bekas orang lain didaur ulang, lewat hujan, penyerapan tanah, lalu disaring lagi sama kita direbus dan sebagiannnya baru bisa dikonsumsi lagi oleh kita. Perjalanan air sungguh jauh untuk dapat digunakan kembali.
Seberapa besar konsumsi air manusia di dunia? Kalo jaman dulu nih, jaman pertengahan dulu, di Amerika sana, rata-rata per orang mengkonsumsi sebanyak 5 gallon tiap harinya. Yang kalau dibandingkan dengan sekarang, rata-rata orang amerika mengkonsumsi 80 sampai 100 gallon air bersih. Wow, jauh juga ya perbandingannya.
Dan yang bikin miris, ternyata ada 1,2 milyar orang di seluruh dunia yang nggak punya akses untuk mendapatkan air bersih. Sedangkan, kita aja nih, untuk gosok gigi aja menghabiskan air sebanyak 2 gallon tiap tahunnya. Menghabiskan 2-7 gallon hanya untuk menyiram toilet. Dan menghabiskan 25-50 gallon air bersih untuk mandi.
Kalian yang ada di Jakarta atau di kota besar lainnya pasti kebingungan, kenapa sih air bersih saja susah dicari? Untuk tempat-tempat terpencil dan kekeringan, tentu saja air bersih sulit diraih. Biasanya, orang Indonesia menggunakan sumur atau sungai sebagai sumber mata air bersih mereka. Tapi, kebanyakan sumur dan sungai sekarang sudah kotor karena limbah dari pembuangan pabrik-pabrik industri besar.
Tapi jangan sedih dulu. Data dari WHO menunjukkan bahwa indonesia mengalami peningkatan dalam penyediaan air bersih dan sanitasi air. Dari data di Badan Pusat Statistik juga menunjukkan ada peningkatan jumlah rupiah yang disumbangkan untuk memberikan air bersih kepada 33 provinsi. Sayangnya, data yang terbaru baru sampai tahun 2008. Lalu gimana untuk tahun 2009-2011 dan seterusnya?
Menurut kami air itu seperti yang sering dibilang orang, bahkan pernah dinyanyikan juga sama Justin Timberlake “What Goes Round Comes Around”. Karena air yang pernah diminum orang akan diminum lagi oleh kita, begitu juga sebaliknya, maka jagalah air demi masa depan kita dan anak cucu kita nanti.
Lalu, bagaimana ya cara menjaganya? Dikasih gembok? Atau dimasukin ke brankas? Nggak perlu repot dan mudah saja. Batasi penggunaan air. Buat yang hobi nyanyi di bawah shower ketika mandi, bisa mengurangi durasi mandinya dan lanjutin karaokenya di tempat lain. Juga ketika mencuci piring, ketika memberi sabun ke cucian piring, keran bisa dimatikan dulu dan baru dinyalakan ketika membilas. Kasihan kan, kalau airnya terbuang percuma.
Selain itu, buanglah sampah pada tempat. Memang hal ini sangat sederhana dan sudah disebut berulang kali dimana-mana. Tapi hal ini tetap merupakan hal terpenting untuk menjaga lingkungan loh. Membuang sampah di kali atau selokan sangat tidak baik. Memang sih banyak selokan atau sungai di Indonesia terutama Jakarta yang sudah penuh dengan sampah, tapi bukannya lebih baik kita nggak perlu menambah sampah yang udah ada?


Lihat artikel lainnya :

Superid

Post Author : Superid '

Sya hanyalah seorang blogger biasa yg sangat menyukai segala ilmu yg berkaitan dengan sains terutama kimia (gra2 kbanyakan nnton Fullmetal alchemist brotherhood jde terobsesi :P) n teknologi bserta gadget (yg ne sya gk tw knpa, mgkin bwaan lahir x ea XD)
 
|S|uperior is the ™devilz™ © 2011 | Design Template by blogger n Superid | Template Blogger Name | |S|uperior is the ™devilz™ | Superid;