Alchemy: Sebuah ilusi kekayaan dan keabadian

Rabu, 06 April 2011 Label: ,

Agan2 sering denger kan, kata "Alchemy" sering dihubungkan tentang ilmu pengetahuan ajaib, yang merubah2 komposisi kimia benda menjadi benda lain, atau lebih tepatnya mungkin agan lebih suka nonton "Fullmetal Alchemist", yang didasarkan dari gosip2 Alchemy jaman dulu, dan menjadi kekuatan bertarung.

Sebenarnya Alchemy itu memang beneran pernah ada, tapi...

Aslinya sebelum ilmu Chemistry sekarang ditemukan, hal-hal yang berbau perubahan kimiawi nggak diteliti sama scientist, tapi sama philosopher. Alhasil karena mereka cuma mengandalkan observasi sederhana, hasilnya jauh melenceng dari kebenaran. Walaupun ada sedikit philosopher yang membuat gebrakan abad (kalo nggak salah) 2M (atau 3M ya?) seperti democritus yang teorinya menjadi dasar teori atom sekarang. Tapi sisanya, kurang lebih ngaco.

Berabad-abad kemudian, muncul penemu-penemu Arab yang menamakan dirinya "Alchemist" yang berhasil melakukan banyak keberhasilan mengubah materi secara kimiawi dan ilmunya juga mirip dengan Chemistry sekarang. Hal ini luar biasa mengingat mereka cuma punya sedikit atau bahkan tidak sama sekali akan pegangan teori. Yang paling terkenal adalah El Jabir, yang berhasil melakukan (kalo nggak salah) purifikasi karbon dan filterisasi vinegar dll.

Ketika Arab menaklukkan Spanyol, ilmu Alchemy pun menyebar ke Eropa, disinilah orang-orang Eropa mulai "menyelewengkan" ilmu Alchemy (makanya latar belakang Fullmetal Alchemist di Eropa kan). Alih-alih membuatproses kimia yang wajar dan berguna, mereka sibuk mencari cara untuk mengubah logam biasa menjadi logam berharga dengan perubahan materi Alchemy.

(P.S: mungkin yang jadi dasarnya, karena biasanya emas ditemukan bersamaan dengan perak, dan perak sering ditemukan bersamaan dengan (kl ga salah) besi, sehingga muncullah pikiran kalo besi itu bisa berubah yang akhirnya jadi emas. Di dalam pertambangan pun, dari berton-ton bahan tak berharga, hanya ditemukan beberapa gram emas, ukurannya pun biasanya mikroskopik)

Para Alchemist eropa itu kemudian memusatkan perhatiannya mencari "Philosopher's Stone" (yang nonton FMA tau kan, ini jadi topik utama ceritanya) yang dipercaya dapat melakukan semua pengubahan logam menjadi berharga itu. Bukan cuma itu, mereka juga berusaha mencari elixir yang dipercaya menyembuhkan semua penyakit dan hidup abadi.

Alhasil, dengan penelitian berabad-abad pun, mereka tak satupun menemukan cara mengubah logam menjadi berharga ataupun hidup abadi, semuanya tak lebih dari buang-buang waktu.

Agan tahu kan penemu rumus waktu fisika sma: kalo massa air yang tumpah sama dengan massa benda yang dicelupkan dalam air tsb?
Ini mungkin berhubungan dengan gosip Alchemy, gara2nya, ada seorang yang datang ke raja untuk membuktikan bahwa ia bisa mengubah mahkotanya menjadi emas murni (nah ini mungkin dia sok-sokan Alchemy itu). Setelah mengaku sudah mengubah mahkota raja, raja tidak langsung percaya kepadanya dan meminta sang peneliti Archimedes (inget kan orang terkenal ini?) untuk membuktikannya. Nah awalnya si Archi juga bingung gimana caranya, tapi pas dia mandi, dia mengamati bahwa jumlah (massa) air yang tumpah ketika tubuhnya masuk bak mandi, sama dengan massa tubuhnya, dia langsung keluar teriak2 "Eureka!" karena ia saat itu menemukan rumus massa air yg tumpah = massa benda tersebut. Dia menerapkannya dengan mahkota tersebut dan menemukan kalo mahkotanya nggak diubah jadi emas, tapi cuma dipalsuin (jadi Alchemynya nipu ya). Akhirnya orang yang mengubah mahkotanya itu dihukum mati Tapi intinya kalo emang orang jaman dulu mungkin ada yang ngaku2 bisa Alchemy tapi sebenernya cuma tipuan, cara mengubah logam biasa menjadi logam berharga ataupun hidup abadi nggak pernah ditemukan.

Lihat artikel lainnya :

Superid

Post Author : Superid '

Sya hanyalah seorang blogger biasa yg sangat menyukai segala ilmu yg berkaitan dengan sains terutama kimia (gra2 kbanyakan nnton Fullmetal alchemist brotherhood jde terobsesi :P) n teknologi bserta gadget (yg ne sya gk tw knpa, mgkin bwaan lahir x ea XD)
 
|S|uperior is the ™devilz™ © 2011 | Design Template by blogger n Superid | Template Blogger Name | |S|uperior is the ™devilz™ | Superid;