Crucified Serpents & Flamel's Cross (lambang alchemy)

Rabu, 06 April 2011 Label: , ,
,Originally Posted by rontier
kayak cerita di Fullmetal Alchemist ini ada Philosopher Stone-nya,
di itu anime juga keluar nama Flamel
tapi cuman sebagai nama lambang, lambang-nya seperti ini

Spoiler for Flamel:


adakah hubungan-nya dengan Nicholas Flamel yang sebenarnya?
Ane coba jawab yah gan ...


Crucified Serpent / Flamel's Cross



Flamel's Cross


Lambang itu aslinya adalah symbol "Crucified Serpent" (Ular yang Disalib), salah satu simbol terkenal di kalangan Alkemi. Trus, apa hubungannya dengan Nicolas Flamel? Nahh, ceritanya ketika sang istri, Perenelle Flamel wafat, Nicolas benar-benar larut dalam kesedihan. Hingga suatu saat, mungkin karena ia merasa ajalnya juga sudah dekat, ia memutuskan untuk mendesain sebuah Nisan yang nantinya akan ditanam di atas kuburannya. Entah karena maksud apa, Flamel juga memasukkan simbol Crucified Serpent itu dalam batu nisan yang ia desain.

Jadilah sejak saat itu ada yang menamai Crucified Serpent dengan nama "Flamel's Cross" saking terkenalnya tokoh ini. Dan yang membuat semuanya tambah menarik adalah ketika seorang perampok berniat mencuri harta yang turut dikubur bersama jasad Nicolas Flamel. Mungkin ia mengharapkan adanya emas di peti jenazah Flamel, karena saat itu Flamel memang sedang terkenal-terkenalnya sebagai Alkemis perubah timbal menjadi emas. Namun ketika si perampok itu membuka peti jenazah Flamel, ia dapati bahwa peti tersebut ... KOSONG.

Sejak saat itu pula nama Flamel kembali berkibar, dan mau tidak mau nisan penuh ornamen alkemis yang notabene merupakan peninggalan terakhirnya itu menjadi bahan penelitian sampai sekarang. Ekstrimis bahkan menganggap bahwa Keluarga Flamel masih hidup sampai saat ini karena dia telah berhasil menemukan 'Elixir of Life', sehingga bisa membuat dirinya dan istrinya tetap awet muda dan hidup abadi.

Spoiler for Nisan Nicholas Flamel:


Potongan asli dari Nisan Nicolas Flamel


Ilustrasi yang terdapat pada Nisan Nicolas Flamel


Spoiler for Flamel's Cross:

Flamel's Cross dalam Full Metal Alchemist




Crucified Serpent



Flamel's Cross


Makna Crucified Serpent

Ada beberapa makna yang dikemukakan para peneliti terkait dengan Cricified Serpent, di antara yang paling terkenal adalah :

1. Sejak zaman dahulu ular selalu dikaitkan dengan binatang menyeramkan, rasa takut, dan racun. Bahkan dikatakan bahwa Iblis ketika merayu Hawa untuk memakan buah Khuldi di surga (sebelum diturunkan ke bumi), ia menjelma dulu sebagai seekor ular. Oleh karena itu penyaliban ular digambarkan sebagai 'pemusnahan' terhadap 'racun' yang mengancam keselamatan manusia.

2. Dahulu, ummat nabi Musa yang pembangkang pernah diberikan adzab oleh Allah dengan serangan ular yang begitu banyak. Setiap yang digigit oleh ular-ular tersebut pasti akan langsung tersengat racunnya. Saking putus asa nya mereka, akhirnya orang-orang Yahudi itu memohon kepada Musa untuk meminta kepada Allah agar mengampuni mereka. Akhirnya Allah mengilhamkan kepada Musa untuk menyalib seekor ular. Dan benarlah, akhirnya setelah Musa menyalib seekor ular di tengah tanah lapang, ummatnya yang telah terkena racun ular pun berkumpul di sekelilingnya. Finally, setiap orang yang melihat ular yang disalib itu tiba-tiba sembuh dari racun ular yang telah menyengat mereka. Jadilah sejak saat itu, Salib Ular itu menjadi Lambang Penyembuhan.

3. Ada juga beberapa peneliti yang menganggap bahwa penyaliban ular adalah sebuah metafora. Mereka menganggap bahwa ular yang menggoda Hawa di Surga bukanlah Iblis, melainkan malaikat yang ditugaskan Allah untuk mengajarkan ilmu baru kepada Adam dan Hawa, serta membuat mereka sadar akan sisi kemanusiaan mereka. Oleh karena itu, mereka menganggap ular sebagai simbol ilmu pengetahuan. Dan jika menggabungkan simbol ular dengan simbol salib, mereka berharap ular / ilmu pengetahuan bisa menebus dosa-dosa mereka, seperti yang biasa didengung-dengungkan dari Penyaliban Yesus.

Lihat artikel lainnya :

Superid

Post Author : Superid '

Sya hanyalah seorang blogger biasa yg sangat menyukai segala ilmu yg berkaitan dengan sains terutama kimia (gra2 kbanyakan nnton Fullmetal alchemist brotherhood jde terobsesi :P) n teknologi bserta gadget (yg ne sya gk tw knpa, mgkin bwaan lahir x ea XD)
 
|S|uperior is the ™devilz™ © 2011 | Design Template by blogger n Superid | Template Blogger Name | |S|uperior is the ™devilz™ | Superid;